Skip to main content

Karya Murid SDI Al Azhar 11 Surabaya

PEDULI TERHADAP BENCANA ALAM
by Mecca Aura
Kelas V Madinah

Perkenalan:Hai! teman-teman, namaku Luna,aku sekarang duduk di kelas 5 madinah.Aku punya teman dekat yang namanya Abel.Selain Abel aku juga punya teman namanya Naura,Nazwa dan Amanda.Kalau yang laki-laki itu namanya ada Rian,Radit dan anak yang paling nyebelin itu namanya Rayi.Kami dari kelas satu sampai kelas lima kami satu kelas terus.Dan yang pastinya kami sekolah di SD Islam Al-azhar 11 surabaya.Di dalam cerita ini yang menjadi tokoh utama adalah aku dan Abel.
HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH
            “Pagi ma” kata ku.
”Eh anak mama udah bangun”.
”Ma gak usah bilang gitu kan aku udah besar,masak aku masih kecil sih ma”.
’Ya sudah mama minta maaf, sekarang kamu harus mandi lalu sarapan”.
”Oke ma”.
Lima menit kemudian.
”Ma menu sarapan hari ini apa?”.
”Hari ini menu sarapan paginya adalah nasi goreng mentega”.
”Luna kamukan di suruh beli kue untuk di makan bareng di lapangan, jadi mama beli kue tadi malam. Jadi kuemu mama taru di tasmu ya!”.
”oke ma”.
”Luna ayo berangkat sekolah nanti kamu terlambat sekolah”.
”Sebentar yah”.
Sesampai di sekolah.
”Abel aku kangen kamu”.
”Sudah Luna gak usah sampek segitunya” kata abel.
Kringgg….. bel ikrar berbunyi. Setelah ikrar Bu Putri mengumumkan walikelas yang akan mendampingi kami belajar selama setahun ke depan.
”Anak-anak ini adalah guru yang akan membingbing kalian di kelas masing-masing. Kelas satu mecca pembingbingnya adalah miss.Putri,pembingbig kelas satu madinah adalah miss.Anis. Pembingbing kelas dua mecca adalah miss.Nur, pembingbing kelas dua madinah adalah miss. Sufi. Pembingbing kelas tiga mecca adalah miss. Atus, pembingbing kelas tiga madinah adalah miss. Ain. Pembingbing kelas empat mecca adalah miss. Dian, penbingbing kelas empat madinah adalah miss. Masnunah. Pembingbing kelas lima mecca adalah miss. Peni, pembingbing kelas lima madinah adalah miss. Angelia. Pembingbing kelas enam mecca adalah mr.Arif, pembingbing kelas enam madinah adalah miss. Rohma.
Nah, sekarang ibu ingin kalian mengambil kue yang ibu suruh bawa, lalu taruh di meja besar itu. Lalu kita akan makan bersama di lapangan”. kata ibu kepala sekolah.
Setelah makan bersama di lapangan, Aku mengajak Abel untuk ke kelas.
”Abel ke kelas yuk!” kataku.
“Ayo! kata Abel.
Tolongg” kata Rian panik.
”Sini kamu Rian!!” kata Rayi.
”Rayi stop,aku mau ngomong sama kamu. Rian itukan teman kamu terus ngapain kamu ngejar-ngejar Rian?” kata ku.
”Oke,ya sudah maafin aku”. kata Rayi.
”Terima kasih ya Luna” kata Rian.
”Sama-sama” kataku.
”Anak – anak sekarang kalian berdoa lalu pulang” kata miss Angelia.
”Lun, nanti line bareng di grup yuk”.
Yuk, gak masalah. Soalnya palingan aku gak ada pr Kumon.
Hari-hari pertama masuk sekolah pun sudah aku lalui. Hari pertama ini serasa capek karena udah lama gak sekolah. Sesampai di rumah mama terlihat kaget.
 ”Assalamualaikum,ma aku pulang”.
”Lho kok sendirian, mana ayah?”.
”Ayah sms papanya Abel kalau ayah ada rapat penting di kantor, jadi aku di suruh bareng sama Abel.
”Oh begitu, sudah ayo ganti baju terus makan”.
”Oke deh ma.
Sehabis ganti baju dan makan, aku mencari Hpku.
”Hp ku manaya? eh kok ada kartu aikatsu di mejaku? Seri berapa ini?”
”Luna tolongin mama donk”.
”Tolongin apa ma?”
”Tolong masukkan benang ini ke jarum ini!”
”Iya ma,mama mau jahit apa?”
”Mama mau jahit baju buat kamu”
”Waaa, makasi ya mama!”
”Sama-sama”
”Oiya ma kartu aikatsu di mejaku itu untuk siapa?”
”Buat luna, emang kenapa?”
”Gak apa – apa kok Cuma tanya”.
Malamnya
”Ma hp ku mana?
”Kan kamu taruh di bawahnya banta!”
”Oiyaa, makasi ya ma udah ngasik tau aku soalnya aku lupa”
”Sama-sama sayang”
”Tinungg” line ku berbunyi.
Line Radit: ”Eh,hari kamis tema pelajarannya adalah peduli terhadap bencana alam. Kita harus pilih tim ,kalau aku sih tim line yang kita buat aja. Gimana kalau kalian?”
Line ku: ”Aku setuju”
Line abel”Aku dapat linr dari miss Angelia kalau sudah cari kelompok kita langsung berencana ke tempat yang terkena musibah”
Line amanda: ”Tapi ke mana?”
Line ku: ”Mmmmm”.
Line naura:”Lun kamu mikirin apa?.
Line ku: ”Aha, aku tau kita ke mana”
line rian:”Ke mana?”
Line ku:”Ke blitar soalnya di sana dekat dengan gunung kelud”.
Line abel:”Ide bagus luna ,tapi nanti kita tingal di mana?”
Line ku:”Kita akan tingal di rumah nenekku”
Line Rayi:”Emang boleh?”
Line ku:”Coba nanti aku telpon nenekku”.
”Mama tolong telponnin nenek donk soalnya hari kamis kelompokku di suruh pegi ke tematbencana alam. Kelompok ku berencana ke rumah nenekku”.
”Oke mama telponin”.
Line Nazwa:”Boleh gak?”.Line ku:”Sabar donk”.”Luna katanya nenek boleh”.Line Abel:”Ayo donk kita sudah sabar!”.Line ku:”Katanya nenekku boleh kok,jadi gimana jadi gak?”.Line Radit:”Aku setuju”.Line ku:”Gimana kalau kita di sana nanti kita motret gambar,lalu kita taruh di komputer”.Line Abel:”Aku setuju”.Line Naura:”Gimana kalau Rian bawa kamera kalau luna bawa leptop”.Line ku:” aku setuju”.Line Rian:”Aku gak setuju”.Line ku:”Lho,kenapa kok gak setuju”.Line Rian:”Maleeeeeees”.Line Amanda:”Gak boleh males gitu Rian,terima aja deh Rian”.Line Rian:”oke deh aku terima,kalian pasti terimakan sudah ku tebak”.Line Abel:”Pinter juga ya kamu Rian,oiya gimana ya keputusan Luna?”.Line Naura:”Luna kamu ngapain kok gak jawab line kami?”.Line Nazwa:”Palinga dia ketiduran ,eh sudah yuk aku udah ngantuk kita lanjutin besok aja sama sekalian cari pendamping buat misi kita besok lusa”.Line Abel:”Oke”.Paginya.”Sayang bangun sudah pagi”.”Mama aku udah bangun bahkan udah mandi”.”Kayaknya lagi buru-buru”.”Papa ayo berangkat”.”Emang kenapa sih kok kelihatannya buru-buru banget”.”Harus pa soalnya aku gak pengen kelompokku gak kedapetan pendamping untuk misi besok”.”Oh kalau gitu ayo berangkat”.Sesampai di sekolah.”Luna berita buruk”.”Apa berita buruknya Abel?”.”Kita gak dapat pendamping!”.”Apa,gak mungkin”.”Siapa bilang gak ada pendamping”.”Miss Hikmah,bukannya miss lagi kuliah?”.”Miss Hikmah denger-denger kalau ada misi khusus kelas lima,jadi miss joba ikut jadi pendamping”.”Miss jadi pendamping kita aja soalnya kita kehabisan pendamping”.”Oke are you redy”.”I’m redy miss”.”Oke sakarang kita tulis daftar barang yang harus kita bawa”.”Oke miss”.”Oke,sekarang kalian tulis ini .Pada hari Rabu tanggal 24 Juni 2015, Untuk menjalankan kegiatanke rumah nenek Luna untuk membantu warga yang mengunsi di daerah gunung kelud.Berikut adalah daftar barang yang harus di bawa pada hari Rabu besok:5 pasang pakaian,alat mandi,sandal,1 tepak makan,1 botol air minum dan 1 buku tulis beserta alat tulisnya.”Miss Hikmah untuk kendaraan kesana miss dan teman-teman bisa naik mobil ku yang menyetir adalah ibu ku”.”Baiklah Amanda,anak-anak kita besok berkumpul di rumah Amanda pada pukul 06.30”.”Oke miss”.”Sekarang ke kelas kalian ,belajar sungguh-sunguh agar dapat meraih mimpi kalian!”.Sepulang sekolah.”Assalamualaikum ma”.”Waalaikum salam,sendirian lagi?”.”Itu lo ma biasa”.”Ohhh,mama paham.O iya kelompokmu udah dapat pendamping belom?”.”Udah mananya miss Hikmah”.”Ohh miss Hikmah”.”tungu jangan-jangan mama yang panggil miss Hikmah?”.”Lho, kok tau?”.”Kelihatan ma,ma ini daftar barang yang harus di bawa di hari Rabu”.”Mama siapin ya!”.”Terserah mama”.Malamnya.”Tinung”line ku berbunyi.Line Abel:”Eh aku gak percaya kalau pembingbing kita adalah miss Hikmah!”.Line Radit:”Iya rasanya seperti mimpi!”.Line ku:”Itu mama ku yang minta tolong untuk dampingi kita”.Line Naura:”Apaa!,yang bener kamu Luna.Padahal kita sama miss Hikmah kan cuma satu tahun,gimana mama mu bisa kenal?”.Line ku:”Mama ku tau karena di beritau miss Santi”.Line ku:”Sudah ya aku mau tidur udah ngantuk”.Line Amanda:”Ok.sudah ni line ya! Selamat malam!”.Paginya.”Mama koperku mana?”.”Kan mama udah siapin luna!”.”Makasi ya ma!”.”Sama-sama,sekarang kamu kumpul di rumahnya siapa?”.”Di rumah Amanda ma”.”Kalau gitu ayo berangkat!”.Sesampai di rumah Amanda.”Anak-anak sekarang waktunya untuk apsen perhatikan .Nabila Luna Pramudita,ada.Melisiana putri asanti,ada.Amanda Carrisa Nurshanty,ada.Nazwa Khalisa Nulendra,ada.Naura Rania Wijayanto,ada.PutraValerianAbinaya,ada.RayiRabiyaFaqih,ada.RaditiaRahmatullah,ada.”Miss Hikmah apa semuanya sudah lengkap?”.”Apa Ananda?”.”Apa semuanya udah lengkap miss?”.”Oh, sudah kok”.”Kalau gitu ayo berangkat!”.”Ayo!!”.”lLun emang dari blitaar ke gunung kelud berapa kilo meter?”.”Dari blitar ke gunung kelud itu 40 kilo meter,paham Bel?”.”Paham”.Sesamai di Blitar.”Assalamu alaikum”.”Waalaikum salam”.”Luna ini rombongan nya kamu?”.”Iya nek”. Oo,kalau gitu ayo masuk.”Nek kamar untuk mereka di mana?”.”Yang guru itu di kamar dean kalau yang anak laki-laki itu di kamar tengah”.”Terus yang perempuan di mana?”.”Terserah kamu donk”.”Aku pengen tidur di depan tv aja deh”.”Lhokanadasatukamarlagi”.”Itukankamar om”.”Oiya”.”Assalamualaikum”.”Waalaikum salam,Lala aku lama gak lihat kamu!”.”Eh, siapa mereka?”.”Mereka adalah teman-teman ku”.”Ohh”.”Udah kalian istirahat dulu soalnya sesudah istirahat kalian akan masak untuk di bawa ke pengungsian gunung kelud”.”Oke nek”.Sesudah istirahat.”Eh bangun”.”Ada apa sih ?”.”Ayo mandi hadis itu masak”.Sewaktu masak.”Cekrikk”bunyi kamera Rian.”Luna aku minta tolong”.”Minta tolong apa?”.”Ini potongin aku takut sama pisau”.”Kalau aku yang motong siapa yang motret Naura?”.”Aku aja”.”Emang bisa Nau?”.”Bisa kok”.”Ya sudah ku serah kan pada mu”.”Apa sudah di masak semua?”.”Sudah kok”.”Kalau sudah masukkan ke tepak bekal ini!”.”Sudah nek”.”Kalau gitu ayo berangkat”.Sesampai di engungsian gunung kelud.”Waa, rame banget yaa”.”Kalian yang mengirim sembako ya!”ujar pengawas.”Iya pak”.”Silahkan masuk”.”Eh kasian banget yaa”.”Iya”.”Semuanya ini adalah rombongan dari sd islam al-azhar 11 sby,mereka mau memberi makana keada kalian.Mohon harap antri!”.”Ini ya”.”Terima kasih”.”Sama-sama”.”Udah ya kami kembali dulu”.Sesampai di rumah.”Eh, fotonya kita masukkan di leptop yuk!”.”Ayuk”.Tiga hari kemudian.”Nenek kita ulang ya!”.”Iya hati-hati di jalan”.Sesampai di sekolah.”Miss Anglelia, ini foto yang kita lakukan saat misi di lakukan.”Oh, terima kasih ya!”.”Membantu orang kesusahan itu penting lho!!!”.


Comments

Popular posts from this blog

Cangkriman

Latihan Soal Kanggo Persiapan Penilaian Akhir Semester! Wangsulana pitakon ing ngisor iki! Putri melik-melik sendhen kayu legi. tegese ... Sawah rong kedhok galengane mung sithok. tegese ... Dikethok malah dhuwur. tegese ... Lawa lima kalong telu ana pira? ... Dicokot pucuke, sing kelong bongkote. tegese ... Dipijet wudele, mripate mendelik. tegese ... Wong wis gedhe kok ngguyu tuwa. tegese ... Kayu mati digubet ula mati. tegese ... Buta buri. tegese ... Burnas kopen. tegese ... Aranana apa wae jinis-jinise cangkriman ing ngisor iki! Apa sing dilebokno kok malah metu? Dicokot pucuke, sing kelong bongkote. Dipijet wudele, mripate mendelik.  Wong wis gedhe kok ngguyu tuwa.  Gerbong tulis Putri melik-melik sendhen kayu legi. Dideleng gampang, dicekel angel, apa iku? Tulisan Arab, macane saka ngendi? Pesok mbulan. Bapak pucung rupane saenggoa gunung, soklat semu abang, saben uwong mesthi sengit, yen kanggonan dielus-elus tinangisan.

Yuk, Mengenal Puisi dan Prosa Lebih Dalam!

A. MEMAHAMI PUISI Apa itu puisi? Puisi adalah sebuah karya sastra berwujud tulisan yang didalamnya terkandung irama, rima, ritma dan lirik dalam setiap baitnya.  Puisi juga dapat diartikan sebagai karya sastra yang didalamnya terdapat kata-kata yang bermakna dan tersusun secara runtun sehingga menimbulkan penafsiran yang beragam berdasar sudut pandang dan latar belakang pembacanya. Pada umumnya puisi ditulis untuk mengungkapkan perasaan penulis melalui kata-kata. kata-kata yang membentuk kalimat bermakna ini mempunyai arti secara tersurat maupun tersirat. Dalam memaknai puisi pembaca harus membaca secara utuh agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam mendapatkan maksud penulis. Tahukah kamu? Tahukah kamu bahwa puisi memiliki unsur yang harus dipenuhi agar puisi yang disajikan semakin menarik? Unsur-unsur puisi antara lain: Tema, pokok pikiran yang melekat dalam tulisan karena berkaitan dengan isi puisi. Tanpa tema penulis akan kesulitan fokus pada pembahasan isi p...

PMB SD ISLAM AL AZHAR 11 SURABAYA

Tahun pelajaran 2019/2020 sudah semakin dekat. Ayo, bergabung bersama kami untuk mewujudkan generasi yang berakhlakul karimah dan berprestasi. Menuju Indonesia Emas 2045.