Skip to main content

Belajar Tak Terbatas Pada Ruang


                                                ilustrasi: arif images/outdoor learning SD Islam Al Azhar 11 Surabaya                                   

 
Ketika saya hendak memasuki sekolah tiba-tiba langkah saya terhenti saat melihat salah satu murid saya yang sedang menangis. Ibunya pun lantas meminta tolong saya untuk membujuk anak itu agar masuk sekolah dan mengikuti kegiatan belajar mengajar. Kebetulan saya adalah guru pendamping kelas di kelas anak itu. membutuhkan waktu agak lama untuk membujuk anak tersebut, maklum saja dia baru seminggu menginjak kelas satu yang notabene masih membutuhkan dampingan dari orangtua dan anak itu masih merasa kurang percaya diri. Sekitar 20 menitan saya membujuk anak tersebut dan akhirnya ia mau masuk sekolah meskipun dalam keadaan berair mata.
Setibanya di depan kelas ia kembali menangis dengan alasan takut masuk kelas. Saya pun penasaran. Saya ajak duduk anak itu dan saya alihkan perhatian dengan mengajaknya bermain game yang ada di dalam hand phone saya. Sekitar 5 menit dia menikmati sekali permainan itu. setelah dirasa cukup stabil emosinya saya ajak dia berbicara. Saya ajukan pertanyaaan, “ kenapa kamu tidak mau masuk kelas?”. Anak itu pun menjawab hanya dengan satu kata, yaitu takut. Maklum saja, hal ini lazim terjadi pada anak yang baru masuk sekolah dasar. Ia masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dalam masa peralihan dari tingkat TK yang dipenuhi dengan "bermain" menuju sekolah dasar yang mulai dikenalkan belajar "serius".  Saya pun berusaha menyakinkan anak itu bahwa pembelajaran hari ini tidak akan membuatnya kesulitan, hari ini kita akan belajar sambil bermain. Saya mencoba  membujuknya agar dia merasa nyaman ketika berada di dalam kelas.
Dari potongan cerita di atas kita perlu merenung, memahami, dan menghayati bagaimana kita sebagai seorang pendidik harus memahami arti sebuah pendidikan. Pendidik di sini tidak hanya terbatas pada guru saja tetapi juga pada orangtua sebagai pendidik di keluarga. Sebisa mungkin menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman kepada anak. Ketika di sekolah, maka yang berkewajiban menciptakan suasana tersebut adalah guru. Tetapi, ketika anak berada di rumah peran serta orangtua dan keluargalah yang  bisa membuat suasana rumah menjadi hangat, penuh kasih sayang dan perhatian sehingga anak merasa dilindungi, diperhatikan dengan maksimal. Ibnu Khaldun memaparkan dalam mukadimahnya bahwa barang siapa yang tidak terdidik oleh orang tuanya, maka akan dididik oleh zaman. Maksud dari uraian di atas adalah orangtua (baik orangtua kandung atau guru sebagai orangtua di sekolah) memunyai andil yang besar terhadap terbentuknya karakter anak. Anak menganggap bahwa orangtuanyalah yang akan menjadi inspirasi baginya kelak. Sehingga orangtua dituntut untuk memberikan suri teladan yang baik kepada anaknya jika ingin anaknya kelak menjadi pribadi yang tangguh, memunyai daya juang yang tinggi, dan kesalehan yang imani.
Cak Arif
Pendidikan tidak hanya merupakan proses belajar mengajar yang dibatasi oleh empat dinding, tetapi pendidikan adalah suatu proses, di mana manusia secara sadar menangkap, menyerap, dan menghayati peristiwa-peristiwa alam sepanjang zaman. Pembelajaran bisa kita lakukan di mana saja. Tidak harus terikat dengan kelas. Seorang pendidik patutlah merencanakan pembelajaran inovatif, kreatif, efektif untuk memunculkan pemikiran-pemikiran yang luar biasa pada anak didiknya. Guru harus bisa melejitkan potensi yang dimiliki oleh anak. Sekiranya anak yang ditangani kurang berprestasi dalam hal akademik, maka guru harus jelih melihat potensi lain yang miliki anak sehingga dapat melejitkannya menjadi potensi yang luar biasa.
Kelas hanyalah sebuah fasilitas penunjang pembelajaran, tetapi bukan berarti proses belajar hanya terkungkung pada ruangan kelas saja. Guru bisa memanfaatkan ruang lain untuk proses belajar seperti halnya lapangan sekolah, halaman sekolah, koridor, atapun kamar mandi bisa kita jadikan tempat pembelajaran bagi guru yang memunyai kreatifitas. Semisal ketika guru menerangkan lingkungan sehat. Guru bisa membawa murid ke kamar mandi dan menunjukkan bagaimana lingkungan yang sehat. Sehingga anak bisa belajar secara kontekstual. Guru memberi stimulus kepada siswa bagaimana tindakan kita apabila melihat lingkungan sekitar kita tidak sehat?. Bagaimana cara penanganan yang harus dilakukan? Dari situlah akan muncul tanggapan dari anak didik kita sehingga melatih jiwa kritis dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Pembelajaran di kelas memang perlu akan tetapi jangan mematikan ide kreatifitas Anda sebagai pendidik untuk memberikan pengalaman belajar yang inovatif pada murid Anda.
Sebagai pemimpin di kelasnya, guru seyogyanya berani keluar dari sekat-sekat yang selama ini belum banyak dilakukan oleh guru-guru kita. Kebanyakan dari para guru memusatkan pembelajarannya di kelas sehingga anak kurang memunyai pengalaman belajar yang bermakna. Guru harus memunyai rencana-rencana yang inovatif untuk memunculkan sinergi yang kuat pada muridnya. Ketika guru terbatas oleh waktu dan kendala yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan pembelajaran di luar, maka guru bisa menyampaikan informasi yang ada di luar ke dalam kelas dengan cara yang penuh makna. Setelah itu, guru merancang kegiatan yang tak terbatas sehingga di rumah maupun lingkungan sekitar rumah murid mampu mentransformasikan ilmu ke dalam kehidupannya. Di sinilah nilai pendidikan yang sebenarnya yaitu mengubah perilaku manusia yang semula tidak tahu menjadi tahu. Pendidikan pun tidak hanya terbatas pada nilai-nilai akademik saja yang belum tentu bisa diandalkan ketika anak terjun ke dalam masyarakat. Maka, pentinglah usaha pembelajaran yang penuh pengalaman yang bermakna kepada anak agar mampu mengaktualisasikan dirinya.
Di sinilah perlunya guru agar segera berhijrah, dalam artian berhijrah dari pola belajar secara sentral (di kelas) menjadi pola belajar tak terbatas (tidak hanya di kelas saja). Gaya belajar yang monoton membuat anak cepat bosan dan kurang bergairah ketika melihat kita memasuki kelasnya. Anak akan merasa apatis sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Guru harus keluar dari kotak yang menghambat muridnya untuk mengeluarkan semua kemampuannya. Perencanaan pembelajaran harus dirancang dengan baik, memperhatikan kondisi siswa dan materi ajar. Apabila dalam prosesnya guru bisa melebihi apa yang sudah direncanakan kenapa tidak dilakukan saja. Perencanaan pembelajaran hanyalah salah satu administrasi kependidikan saja, manakala kita bisa berbuat lebih dari itu, maka hasil yang kita inginkan pun akan mudah terealisasi. Guru yang mengerti arti dari hijrah, akan selalu menyiapkan rencana yang luar biasa untuk anak didiknya. Ia akan selalu memperbarui ilmunya maupun strategi pembelajaran sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan zaman sehingga murid siap dalam menghadapi lingkungan global yang sangat cepat sekali perubahannya.
Kecintaan pada profesi sebagai guru akan membawanya pada sikap evaluasi diri yang tiada henti sehingga mendorong terjadinya suatu proses belajar yang terbarukan. Profesinya akan dijadikannya sebagai ladang kebaikan yang terus mengalir karena karyanya (proses pembelajaran) membuahkan hasil yang bermakna kepada muridnya. ia sebagai motivator ulung untuk anak didiknya di sekolah sehingga kedatangannya akan selalu dirindukan dan apabila ia tidak hadir akan menimbulkan penyesalan yang mendalam pada diri anak didiknya. Alangkah hebatnya negeri jika memiliki sosok guru semacam ini. Ia mampu mengorkestrasikan kelasnya menjadi kelas yang penuh inspirasi dengan daya juang tinggi.  Kelas hanyalah batasan geografis sekolah, maka jangan menjadikan guru mati ide dalam menerapkan proses pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan efektif.

Penulis adalah guru SD Islam Al Azhar 11 Surabaya

Comments

Popular posts from this blog

Cangkriman

Latihan Soal Kanggo Persiapan Penilaian Akhir Semester! Wangsulana pitakon ing ngisor iki! Putri melik-melik sendhen kayu legi. tegese ... Sawah rong kedhok galengane mung sithok. tegese ... Dikethok malah dhuwur. tegese ... Lawa lima kalong telu ana pira? ... Dicokot pucuke, sing kelong bongkote. tegese ... Dipijet wudele, mripate mendelik. tegese ... Wong wis gedhe kok ngguyu tuwa. tegese ... Kayu mati digubet ula mati. tegese ... Buta buri. tegese ... Burnas kopen. tegese ... Aranana apa wae jinis-jinise cangkriman ing ngisor iki! Apa sing dilebokno kok malah metu? Dicokot pucuke, sing kelong bongkote. Dipijet wudele, mripate mendelik.  Wong wis gedhe kok ngguyu tuwa.  Gerbong tulis Putri melik-melik sendhen kayu legi. Dideleng gampang, dicekel angel, apa iku? Tulisan Arab, macane saka ngendi? Pesok mbulan. Bapak pucung rupane saenggoa gunung, soklat semu abang, saben uwong mesthi sengit, yen kanggonan dielus-elus tinangisan.

Yuk, Mengenal Puisi dan Prosa Lebih Dalam!

A. MEMAHAMI PUISI Apa itu puisi? Puisi adalah sebuah karya sastra berwujud tulisan yang didalamnya terkandung irama, rima, ritma dan lirik dalam setiap baitnya.  Puisi juga dapat diartikan sebagai karya sastra yang didalamnya terdapat kata-kata yang bermakna dan tersusun secara runtun sehingga menimbulkan penafsiran yang beragam berdasar sudut pandang dan latar belakang pembacanya. Pada umumnya puisi ditulis untuk mengungkapkan perasaan penulis melalui kata-kata. kata-kata yang membentuk kalimat bermakna ini mempunyai arti secara tersurat maupun tersirat. Dalam memaknai puisi pembaca harus membaca secara utuh agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam mendapatkan maksud penulis. Tahukah kamu? Tahukah kamu bahwa puisi memiliki unsur yang harus dipenuhi agar puisi yang disajikan semakin menarik? Unsur-unsur puisi antara lain: Tema, pokok pikiran yang melekat dalam tulisan karena berkaitan dengan isi puisi. Tanpa tema penulis akan kesulitan fokus pada pembahasan isi p...

PMB SD ISLAM AL AZHAR 11 SURABAYA

Tahun pelajaran 2019/2020 sudah semakin dekat. Ayo, bergabung bersama kami untuk mewujudkan generasi yang berakhlakul karimah dan berprestasi. Menuju Indonesia Emas 2045.