Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : SD Islam Al Azhar 11
Surabaya
Kelas/Semester : VI (Enam)/ 1 (satu)
Tema/Subtema/PB : Tokoh dan Penemuan / Penemuan yang
Merubah Dunia/ 1-5
Alokasi
Waktu : 1 Minggu
A.
Kompetensi
Inti (KI)
- Menerima, menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
- Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain
- Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1
Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan
keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan
khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
2.2
Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata tertib,
dan aturan sesuai dengan tata urutan
peraturan perundang-undangan Indonesia
3.2
Memahami hak, kewajiban dan tanggungjawab sebagai
warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
3.2.1
Menyebutkan hak, kewajiban, dan tanggung jawab
berkaitan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi masyarakat.
3.2.2
Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab
berkaitan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi masyarakat.
3.2.3
Menceritakan pengalaman menegakkan aturan dan
menjaga ketertiban
4.2
Melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan
menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
4.2.1
Mengomunikasikan secara tertulis tentang hak,
kewajiban, dan tanggung jawab berkaitan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi
masyarakat.
4.2.2
Menceritakan
pengalaman menjenguk aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan sekolah.
4.2.3
Menulis jurnal pengalaman menegakkan aturan di
kelas
Bahasa Indonesia
1.2
Meresapi makna anugerah Tuhan
yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi
listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.2
Memiliki kepedulian dan rasa
ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan
perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2
Menguraikan isi teks penjelasan
(eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas,
energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1 Menjelaskan
secara lisan manfaat energi listrik bagi kehidupan manusia menggunakan kosa
kata baku dan bahasa yang runtut.
3.2.2 Menjelaskan
tentang cara kerja dan rangkaian listrik menggunakan kosakata baku dan bahasa
yang runtut.
3.2.3 Menjelaskan
hasil eksplanasi tentang simetri.
3.2.4 Menjelaskan
contoh pemanfaatan energi listrik.
3.4. Menggali
informasi dari teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara
Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.4.1 Menulis
teks fiksi sejarah
3.4.2
Mengidentifikasi unsur intrinsik teks fiksi sejarah
4.2
Menyajikan teks penjelasan
(eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas,
energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1 Menulis
laporan berisi penjelasan tentang penemuan menggunakan kosakata baku.
4.2.2 Memperbaiki
susunan kalimat yang tidak sesuai dengan kosakata baku.
4.2.3 Menulis
teks eksplanasi tentang cara kerja dan rangkaian listrik pada lampu lalu lintas
menggunakan kosakata baku.
4.2.4 Menyajikan
laporan tertulis hasil eksplanasi tentang simetri.
4.4. Mengolah
dan menyajikan teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara
Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 memberi
komentar teks fiksi sejara.
Matematika
1.1
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat
dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak
mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.7
Memilahkan poligon oleh
garis simetri dan dengan simetri rotasi.
3.7.1 Membandingkan poligon berdasarkan sifat-sifatnya
3.7.2 Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada poligon.
3.7.3 Membandingkan poligon berdasarkan sifat-sifatnya.
3.7.4 Menemukan dan menjelaskan hubungan antar polygon.
4.5
Mengamati pola atau
melakukan percobaan untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi empat.
4.5.1 Menyajikan hasil analisis tentang poligon berdasarkan
sifat-sifatnya.
4.5.2 Melakukan percobaan untuk menemukan simetri yang terdapat pada
bangun datar.
Ilmu Pengetahuan Alam
1.1
Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.1
Mengidentifikasi kegunaan
energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energy listrik, dan berpartisipasi
dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.1
Menjelaskan manfaat listrik.
3.1.2
Mengidentifikasi kegunaan
energi listrik.
3.1.3
Menjelaskan proses pembangkit
tenaga air.
4.3.
Membuat laporan hasil percobaan
tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan
4.3.1
Menulis laporan tentang proses
transmisi dan distribusi listrik.
4.3.2
Menggambar proses transmisi dan
distribusi listrik berdasarkan imajinasi.
4.3.3
Melaporan hasil percobaan
tentang perubahan bentuk energy.
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.1
Menerima karunia Tuhan Yang
Maha Esa yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk
melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik.
2.1
Menunjukkan perilaku cinta
tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa
nasionalisme.
3.1
Mengemukakan keragaman aspek keruangandan
konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam
aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.
3.1.1
Menyebutkan keragaman penemuan
dan pengaruhnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia dalam bidang sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya.
3.1.2
Menyebutkan keragaman penemuan
dan manfaatnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia.
3.1.3
Menjelaskan pengaruh listrik
terhadap kehidupan masyarakat di lingkungan sekitar.
3.1.4
Menjelaskan lini masa
perkembangan computer.
4.1
Menyajikan hasil pengamatan
terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu,
perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi,
pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan
atau media lainnya.
4.1.1
Mempresentasikan keragaman
penemuan dan pengaruhnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia dalam bidang
sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya.
4.1.2
Melaporkan pengaruh roda (aspek
sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya) bagi kehidupan masyarakat di
lingkungan sekitar.
4.1.3
Melaporkan hasil pengamatan
tentang pengaruh listrik pada kehidupan rakyat Indonesia dalam aspek sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya.
Seni Budaya dan Prakarya
1.1
Mengapresiasi karya seni
sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1
Menunjukkan rasa percaya diri
dalam mengolah karya seni.
3.2
Mengenal harmoni dan simbol
teks lagu sederhana.
3.2.1 Memainkan pola birama sesuai dengan partitur.
3.2.2 Menyebutkan simbol teks lagu sederhana.
4.5. Membuat pola irama sederhana untuk iringan lagu dengan simbol
panjang pendek bunyi dan mengembangkan pola iringan.
4.5.1 Membuat pola ritmik yang harmonis denga lagu Mariam
Tamang.
4.7
Memainkan ansambel alat
musik campuran dengan membaca partitur sederhana.
4.7.1 Mempraktikkan permainan ansambel alat musik campuran
4.8
Menampilkan musik nusantara
dengan alat musik sederhana.
4.81 Menyajikan pertunjukkan musik
nusantara dengan alat musik sederhana.
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah mengamati gambar,
benda-benda/penemuan yang ada di sekitar mereka, serta membaca teks, siswa
mampu menyebutkan berbagai contoh penemuan dan manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari dengan penuh rasa ingin tahu.
2.
Setelah mengamati gambar,
benda-benda/penemuan yang ada di sekitar mereka,
serta membaca teks, siswa mampu menulis laporan tentang berbagai penemuan dan
manfaatnya bagi kehidupan dengan penuh rasa ingin tahu.
3.
Setelah
membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan secara lisan manfaat
energi listrik bagi kehidupan manusia menggunakan kosakata baku dan bahasa
dengan runtut.
4.
Setelah
melakukan wawancara, siswa mampu menulis laporan yang berisikan penjelasan
tentang salah satu penemuan beserta manfaatnya menggunakan kosakata baku dan
bahasa dengan runtut.
5.
Setelah
menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menyebutkan keragaman
penemuan dan manfaatnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia dengan percaya
diri dan saling menghargai.
6.
Setelah
menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mempresentasikan secara
berkelompok keragaman penemuan dan manfaatnya bagi keberlanjutan kehidupan
manusia dengan percaya diri dan penuh tanggung jawab.
7.
Setelah mengamati gambar dan benda konkret,
siswa mampu membedakan berbagai poligon berdasarkan sifat-sifatnya dengan
teliti dan penuh tanggung jawab.
8.
Setelah mengamati gambar dan benda konkret,
siswa mampu menyajikan hasil analisis tentang poligon berdasarkan
sifat-sifatnya dengan teliti dan penuh tanggung jawab.
9.
Setelah mengamati gambar dan diskusi, siswa
mampu menyebutkan hak, tanggung jawab, dan kewajiban sehubungan dengan penemuan
dan pengaruhnya bagi masyarakat dengan rinci dan penuh tanggung jawab.
10. Setelah mengamati
gambar dan diskusi, siswa mampu mengomunikasikan secara tertulis hak, tanggung
jawab, dan kewajiban sehubungan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi masyarakat
dengan bahasa yang runtut dengan penuh tanggung jawab.
11. Dengan bimbingan guru,
siswa mampu menjelaskan harmoni dan simbol teks
lagu sederhana dengan runtut.
12. Dengan partitur sederhana, siswa mampu
memainkan ansambel alat musik campuran dengan penuh tanggung jawab dan
menghargai penampilan kelompok lain.
13. Dengan alat musik campuran, siswa mampu
memainkan ansambel musik nusantara dengan penuh tanggung jawab dan menghargai
penampilan kelompok lain.
14. Dengan mengamati alat
dan bahan untuk percobaan, siswa mampu mengidentifikasi berbagai komponen yang
diperlukan untuk membuatan model sederhana lampu lalu lintas dengan penuh
tanggung jawab.
15. Setelah melakukan percobaan
membuat model sederhana lampu lalu lintas, siswa
mampu membuat laporan yang berisikan penjelasan tentang cara kerja dan
rangkaian listrik yang diterapkan pada model tersebut dengan penuh tanggung
jawab.
16. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan
langkah-langkah dalam melakukan percobaan secara lisan dengan bahasa yang
runtut.
17. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu
menulis laporan yang berisikan penjelasan tentang hantaran listrik dan cara
kerja lampu lalu lintas secara tertulis menggunakan bahasa yang runtut dan
kosakata baku.
18. Setelah membaca teks, siswa mampu
menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sehubungan dengan penemuan dan
pengaruhnya bagi masyarakat dengan penuh tanggung jawab.
19. Setelah membaca teks,
siswa mampu mengomunikasikan pengalaman dan contoh hak, kewajiban, dan tanggung
jawab sehubungan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi masyarakat dengan penuh
tanggung jawab.
20. Berdasarkan gambar dan
benda konkret, siswa mampu mengidentifikasi jumlah
simetri lipat dan simetri putar yang terdapat pada poligon dengan teliti.
21. Berdasarkan gambar dan benda konkret, siswa
mampu mengelompokkan bangun datar berdasarkan jumlah simetri lipat dan simetri
putar dengan teliti.
22. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu
menjelaskan tentang simetri lipat dan simetri putar yang ditemukan pada poligon
dengan bahasa yang runtut dan menggunakan kosakata baku.
23. Setelah melakukan
percobaan, siswa mampu menulis laporan yang berisikan penjelasan tentang
simetri lipat dan simetri putar pada poligon menggunakan kosakata baku dan
bahasa yang runtut dengan benar.
24. Berdasarkan hasil kerja
kelompok tentang ansambel musik campuran, siswa
mampu menjelaskan harmoni dan simbol teks lagu sederhana dengan tepat.
25. Berdasarkan hasil kerja kelompok tentang
ansambel musik campuran, siswa mampu memainkan alat musik campuran dengan
membaca partitur sederhana.
26. Berdasarkan hasil kerja kelompok, siswa
mampu menampilkan musik nusantara melalui permainan ansambel dengan percaya
diri dan penuh tanggung jawab.
27. Dengan menggunakan gambar dan benda konkret,
siswa mampu mengidentifikasi simetri putar yang dimiliki oleh berbagai poligon.
28. Dengan melakukan percobaan, siswa mampu
menemukan simetri putar pada berbagai poligon dengan benar.
29. Dengan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan keragaman
penemuan dan manfaatnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia dengan benar.
30. Setelah berdiskusi, siswa mampu
mempresentasikan keragaman penemuan dan manfaatnya bagi keberlanjutan kehidupan
manusia dengan percaya diri.
31. Setelah mengamati gambar dan membaca teks singkat,
siswa mampu menjelaskan contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sehubungan
dengan pemanfaatan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
32. Setelah mengamati
gambar dan membaca teks singkat, siswa mampu mengomunikasikan contoh hak, kewajiban,
dan tanggung jawab sehubungan dengan pemanfaatan energi listrik dalam kehidupan
seharihari dengan percaya diri.
33. Setelah mengamati
gambar dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan contoh pemanfaatan energi
lsitrik dalam kehidupan sehari-hari dengan menanamkan sikap menghargai.
34. Setelah mengamati
gambar dan berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman
memanfaatkan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari dengan menanamkan sikap
menghargai.
D.
Imtak
85. dan Syu'aib berkata:
"Hai kaumku, cukupkanlah takaran dan timbangan dengan adil, dan janganlah
kamu merugikan manusia terhadap hak-hak mereka dan janganlah kamu membuat
kejahatan di muka bumi dengan membuat kerusakan. (QS. Hud: 85)
84. Maka berperanglah kamu pada
jalan Allah, tidaklah kamu dibebani melainkan dengan kewajiban kamu
sendiri[324]. Kobarkanlah semangat Para mukmin (untuk berperang). Mudah-mudahan
Allah menolak serangan orang-orang yang kafir itu. Allah Amat besar kekuatan
dan Amat keras siksaan(Nya). (QS. An Nisaa: 84)
130. Maka sabarlah kamu atas apa
yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit
matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di
malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang. (QS.
Thaahaa: 130)
17. dan Adapun kaum Tsamud, Maka
mereka telah Kami beri petunjuk tetapi mereka lebih menyukai buta (kesesatan)
daripada petunjuk, Maka mereka disambar petir azab yang menghinakan disebabkan
apa yang telah mereka kerjakan. (QS. Fushshilat: 17)
E.
Alat dan Media Pembelajaran
1.
Alat Pembelajaran :
ragam alat elektronik, kertas bekas, kardus bekas, spidol, alat musik
sederhana, stopwatch, bendera start, tiang pancang, serbuk kapur, penghapus, karton,
laptop, wi-fi, LCD Proyektor, dan laser pointer.
2.
Media Pembelajaran :
kertas origami, gambar rambu-rambu lalu lintas, benda berbentuk poligon, Phet
Simulation, gambar manfaat listrik dalam kehidupan, Google, Youtube, gambar
poligon dalam kehidupan sehari-hari, Buku Siswa, Buku Guru, Buku teks IPA
”Platinum.
F.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran : saintifik dan tematik terpadu
2.
Metode Pembelajaran :
diskusi, discovery, kooperatif, tanya-jawab, baca-simak, demonstrasi, ceramah.
G.
Materi Pembelajaran
1.
PPKn :
hak, kewajiban, dan tanggung jawab
2.
Bahasa Indonesia :
Menyusun teks eksplanasi, kosakata baku, diksi
3.
Matematika :
poligon, mengukur luar permukaan poligon
4.
IPA :
listrik
5.
IPS :
pengaruh penemuan dalam berbagai aspek
6.
SBdP :
memainkan alat musik ansambel sederhana
H.
Aktivitas Pembelajaran
Pembelajaran ke-1 (IPA, Bahasa Indonesia, dan IPS)
Pendahuluan
1.
Guru membuka pembelajaran dengan ucapan salam.
2.
Guru menanyakan kabar semua murid.
3.
Guru mengecek kehadiran murid dan memberi
apersepsi.
4.
Guru menunjukkan beberapa benda dan menanyakan
kegunaan benda tersebut.
5.
Guru memberi pertanyaan kepada murid tentang dampak
benda tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
6.
Guru menjelaskan tujuan pembelejaran yang hendak
dicapai.
Kegiatan Inti
1.
Guru menunjuk salah satu murid untuk membacakan
teks bacaan tentang sejarah pensil.
2.
Dari bacaan tersebut, guru memberi pertanyaan untuk
mengecek pemahaman murid terhadap teks yang dibaca.
3.
Guru membagi murid menjadi beberapa kelompok kecil
yang terdiri dari 3 orang.
4.
Guru memberi proyek untuk mengamati gambar-gambar
yang ada di buku siswa. Dari hasil pengamatan tersebut, masing-masing kelompok
diminta untuk menuliskan fungsi dan dampak benda tersebut dalam kehidupan
sehari-hari.
5.
Setelah selesai, masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya.
6.
Masih dalam kelompok tersebut, guru memberi proyek
baru. Murid diminta untuk melakukan wawancara kepada warga sekolah secara
berkelompok tentang manfaat listrik yang mereka peroleh dalam kehidupan
sehari-hari.
7.
Dari hasil wawancara tersebut, masing-masing murid
menyusun laporan eksplanasi.
8.
Secara acak, guru memanggil beberapa murid untuk
mempresentasikan hasil laporan eksplanasi.
9.
Guru mengajak murid untuk pergi ke laboratorium
multimedia untuk melakukan studi pustaka menggali informasi tentang pengaruh
penemuan terhadap perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek
sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.
Penutup
1.
Guru dan murid bertanya jawab terkait pembelejaran
yang sudah dilaksanakan.
2.
Guru melakukan brainstorming untuk mengetahui
hal-hal apa saja yang sudah dipelajari hari ini.
3.
Guru mengajak semua murid untuk bersyukur atas karunai
Allah SWT yang telah diperoleh saat ini.
4.
Guru mengingatkan murid untuk melaksanakan salat
fardlu.
5.
Guru mengucapkan salam sebagai tanda pembelajaran
telah selesai.
Pembelajaran ke-2 (matematika, PPKn, dan SBdP)
Pendahuluan
1.
Guru membuka pembelajaran dengan ucapan salam.
2.
Guru menanyakan kabar semua murid.
3.
Guru mengecek kehadiran murid dan memberi
apersepsi.
4.
Guru mengajak murid untuk senam otak.
5.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang hendak
dicapai.
Kegiatan Inti
1.
Guru meminta murid untuk membaca teks tentan
origami.
2.
Guru meminta murid untuk mengamati gambar tentang
origami.
3.
Guru meminta murid untuk menemukan bangun apa saja
yang ada dalam susunan origami pada gambar dan berapa jumlah yang ada.
4.
Guru meminta murid untuk mengeluarkan kertas
origaminya.
5.
Murid mengikuti intruksi guru untuk membuat
prakarya.
6.
Setelah selesai membuat origami bentuk pinguin,
murid diminta untuk menjawab soal yang ada di buku siswa.
7.
Berdasarkan pengamatan, murid diminta menggambar
bangun yang menyusun origami bentuk pinguin pada bidang kertas yang bertitik di
buku siswa.
8.
Guru membagi murid menjadi beberapa kelompok yang
terdiri dari lima orang.
9.
Guru menyediakan beberapa kelompok gambar sebagai
bahan pengamatan.
10.
Murid diminta untuk berdiskusi mencari sifat-sifat poligon.
11.
Ketika berdiskusi, masing-masing kelompok juga
diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa.
12.
Masing-masing kelompok diminta untuk membuat
kesimpulan dan mempresentasikan di depan kelas.
13.
Saat ada kelompok yang mempresentasikan hasil diskusinya,
kelompok yang lain juga menyiapkan pertanyaan yang ditujukan untuk pemateri
(yang presentasi)
14.
Setelah selesai, murid diminta untuk membaca dialog
yang terdapat dalam buku siswa.
15.
Murid diminta untuk memperhatikan gambar
rambu-rambu lalu lintas yang ada di buku siswa dan slide yang ditampilkan oleh
guru.
16.
Guru dan murid bertanya jawab tentang arti simbol
lalu lintas.
17.
Secara berpasangan, murid mendiskusikan pertanyaan
yang ada di buku siswa.
18.
Murid diminta untuk menuliskan jawaban dalam bentuk
mind mapping.
19.
Murid mempelajari solmisasi lagu ” Suwe Ora Jamu”
dengan menggunakan alat musik melodis, pianika.
Penutup
1.
Guru dan murid bertanya jawab terkait pembelejaran
yang sudah dilaksanakan.
2.
Guru melakukan brainstorming untuk mengetahui
hal-hal apa saja yang sudah dipelajari hari ini.
3.
Guru mengajak semua murid untuk bersyukur atas
karunai Allah SWT yang telah diperoleh saat ini.
4.
Guru mengingatkan murid untuk melaksanakan salat
fardlu.
5.
Guru mengucapkan salam sebagai tanda pembelajaran
telah selesai.
Pembelajaran ke-3 (Bahasa Indonesia, IPA, dan
matematika )
Pendahuluan
1.
Guru membuka pembelajaran dengan ucapan salam.
2.
Guru menanyakan kabar semua murid.
3.
Guru mengecek kehadiran murid dan memberi
apersepsi.
4.
Guru mempertontonkan cara merakit rangkaian listrik
sederhana.
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
1.
Guru membagi murid menjadi beberapa kelompok besar.
2.
Guru meminta murid mengamati gambar dan intruksi di
buku siswa terkait alat dan bahan membuat rangkaian lampu lalu lintas
sederhana.
3.
Murid mencoba membuat percobaan merangkai lampu
lalu lintas.
4.
Murid membuat laporan teks eksplanasi tentang cara
merangkai lampu lalu lintas.
5.
Secara berkelompok, masing-masing berdiskusi
tentang hal-hal yang sudah diketahui tentang rangkaian listrik
6.
Guru membagikan lembar kerja siswa tentang poligon.
7.
Secara individu, murid mengerjakan lembar kerja
siswa tersebut.
Penutup
1.
Guru dan murid bertanya jawab terkait pembelejaran
yang sudah dilaksanakan.
2.
Guru melakukan brainstorming untuk mengetahui
hal-hal apa saja yang sudah dipelajari hari ini.
3.
Guru mengajak semua murid untuk bersyukur atas
karunai Allah SWT yang telah diperoleh saat ini.
4.
Guru mengingatkan murid untuk melaksanakan salat
fardlu.
5.
Guru mengucapkan salam sebagai tanda pembelajaran
telah selesai.
Pembelajaran ke-4 (Bahasa Indonesia, PPKn, dan matematika)
Pendahuluan
1.
Guru membuka pembelajaran dengan ucapan salam.
2.
Guru menanyakan kabar semua murid.
3.
Guru mengecek kehadiran murid dan memberi
apersepsi.
4.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang dikaitkan
dengan imtak yang hendak dicapai.
Kegiatan Inti
1.
Murid mengamati gambar dan membaca nyaring secara
bergiliran.
2.
Murid diminta untuk membuat pertanyaan tentang
hal-hal yang ingin diketahui dari teks bacaan.
3.
Murid diminta untu mendiskusikan jawaban dari
pertanyaan yang dibuat.
4.
Guru mempertontonkan video tentang akibat melanggar
lalu lintas.
5.
Dari tanyangan video, murid diminta untuk memberi
tanggapan.
6.
Murid menuliskan pendapat dan pengalaman mereka
tentang pelaksanaan kewajiban pada bagan yang ada di buku siswa.
7.
Guru menjelaskan berbagai simbol dan arti rambu
lalu lintas.
8.
Guru memberikan lembar kerja siswa terkati simbol
lalu lintas.
9.
Guru menjelaskan tentang simetri lipat pada bangun
datar.
10.
Guru memberi latihan soal.
Penutup
1.
Guru dan murid bertanya jawab terkait pembelejaran
yang sudah dilaksanakan.
2.
Guru melakukan brainstorming untuk mengetahui
hal-hal apa saja yang sudah dipelajari hari ini.
3.
Guru mengajak semua murid untuk bersyukur atas
karunai Allah SWT yang telah diperoleh saat ini.
4.
Guru mengingatkan murid untuk melaksanakan salat
fardlu.
5.
Guru mengucapkan salam sebagai tanda pembelajaran
telah selesai.
Pembelajaran ke-5 (IPS, SBdP, dan matematika)
Pendahuluan
1.
Guru membuka pembelajaran dengan ucapan salam.
2.
Guru menanyakan kabar semua murid.
3.
Guru mengecek kehadiran murid dan memberi
apersepsi.
4.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan
mengaitkannya dengan imtak yang hendak dicapai.
Kegiatan Inti
1.
Guru memerintahkan murid untuk mempelajari pola
irama lagu ” Suwe Ora Jamu”
2.
Guru menyampaikan pada murid bahwa pada pertemuan
berikutnya akan diadakan pengambilan nilai.
3.
Siswa
bekerja dalam kelompok.
4.
Guru membagikan potongan origami atau kertas
daur ulang dalam berbagai bentuk poligon (segitiga sama kaki, segitiga sama
sisi, segitiga siku-siku, persegi, persegi panjang, jajar genjang, trapesium,
dll).
5.
Guru
menyampaikan langkah-langkah melakukan eksplorasi menggunakan poligon yang
telah disiapkan guru. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
a.
Setiap
siswa diminta memilih salah satu poligon.
b.
Siswa
menjiplak sisi luar dari poligon tersebut pada kertas HVS.
c.
Siswa
diminta memutar poligon tersebut persis di atas jiplakan sebesar secara
bertahap 90°, 180°, 270°, dan 360°.
d.
Siswa
mendiskusikan apa yang mereka temukan dalam kelompok.
6.
Murid membuat yang dijiplak
7.
Murid membuat pertanyaan berdasarkan gambar
tersebut.
8.
Murid mengidentifikasi gambar yagn memunyai simetri
putar dan tidak memunyai simetri putar.
9.
Murid menyimpulkan pengertian tentang simetri
putar.
10.
Guru memberikan latihan soal simetri putar.
Penutup
1.
Guru dan murid bertanya jawab terkait pembelejaran
yang sudah dilaksanakan.
2.
Guru melakukan brainstorming untuk mengetahui
hal-hal apa saja yang sudah dipelajari hari ini.
3.
Guru mengajak semua murid untuk bersyukur atas
karunai Allah SWT yang telah diperoleh saat ini.
4.
Guru mengingatkan murid untuk melaksanakan salat
fardlu.
5.
Guru mengucapkan salam sebagai tanda pembelajaran
telah selesai.
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian :
tes dan non tes
2.
Bentuk penilaian :
uraian, lembar kerja, portofolio
3.
Instrumen penilaian :
Comments
Post a Comment