Skip to main content

RPP Tematik Kelas VI Tema 3







Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Sekolah                         : SD Islam Al Azhar 11 Surabaya
Kelas/Semester            : VI (Enam)/ 1 (satu)
Tema/Subtema/PB      : Tokoh dan Penemuan / Penemuan yang Merubah Dunia/ 1-5
Alokasi Waktu               : 1 Minggu


A.   Kompetensi Inti (KI)
  1. Menerima, menghargai  dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual  dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1        Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.2        Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata tertib, dan aturan  sesuai dengan tata urutan peraturan perundang-undangan Indonesia
3.2        Memahami hak, kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
3.2.1   Menyebutkan hak, kewajiban, dan tanggung jawab berkaitan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi masyarakat.
3.2.2   Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab berkaitan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi masyarakat.
3.2.3   Menceritakan pengalaman menegakkan aturan dan menjaga ketertiban
4.2        Melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
4.2.1   Mengomunikasikan secara tertulis tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab berkaitan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi masyarakat.
4.2.2    Menceritakan pengalaman menjenguk aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan sekolah.
4.2.3   Menulis jurnal pengalaman menegakkan aturan di kelas

Bahasa Indonesia
1.2        Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.2        Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2        Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1   Menjelaskan secara lisan manfaat energi listrik bagi kehidupan manusia menggunakan kosa kata baku dan bahasa yang runtut.
3.2.2   Menjelaskan tentang cara kerja dan rangkaian listrik menggunakan kosakata baku dan bahasa yang runtut.
3.2.3   Menjelaskan hasil eksplanasi tentang simetri.
3.2.4   Menjelaskan contoh pemanfaatan energi listrik.
3.4.      Menggali informasi dari teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.4.1 Menulis teks fiksi sejarah
3.4.2 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks fiksi sejarah
4.2        Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1   Menulis laporan berisi penjelasan tentang penemuan menggunakan kosakata baku.
4.2.2   Memperbaiki susunan kalimat yang tidak sesuai dengan kosakata baku.
4.2.3   Menulis teks eksplanasi tentang cara kerja dan rangkaian listrik pada lampu lalu lintas menggunakan kosakata baku.
4.2.4   Menyajikan laporan tertulis hasil eksplanasi tentang simetri.
4.4.      Mengolah dan menyajikan teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 memberi komentar teks fiksi sejara.

Matematika
1.1        Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1        Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.7        Memilahkan poligon oleh garis simetri dan dengan simetri rotasi.
3.7.1   Membandingkan poligon berdasarkan sifat-sifatnya
3.7.2   Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada poligon.
3.7.3   Membandingkan poligon berdasarkan sifat-sifatnya.
3.7.4   Menemukan dan menjelaskan hubungan antar polygon.
4.5        Mengamati pola atau melakukan percobaan untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi empat.
4.5.1   Menyajikan hasil analisis tentang poligon berdasarkan sifat-sifatnya.
4.5.2   Melakukan percobaan untuk menemukan simetri yang terdapat pada bangun datar.



Ilmu Pengetahuan Alam
1.1        Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.1        Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energy listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.1   Menjelaskan manfaat listrik.
3.1.2   Mengidentifikasi kegunaan energi listrik.
3.1.3   Menjelaskan proses pembangkit tenaga air.
4.3.      Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
4.3.1   Menulis laporan tentang proses transmisi dan distribusi listrik.
4.3.2   Menggambar proses transmisi dan distribusi listrik berdasarkan imajinasi.
4.3.3   Melaporan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energy.

Ilmu Pengetahuan Sosial
1.1        Menerima karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik.
2.1        Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme.
3.1        Mengemukakan keragaman aspek keruangandan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.
3.1.1   Menyebutkan keragaman penemuan dan pengaruhnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya.
3.1.2   Menyebutkan keragaman penemuan dan manfaatnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia.
3.1.3   Menjelaskan pengaruh listrik terhadap kehidupan masyarakat di lingkungan sekitar.
3.1.4   Menjelaskan lini masa perkembangan computer.
4.1        Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media lainnya.
4.1.1   Mempresentasikan keragaman penemuan dan pengaruhnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya.
4.1.2   Melaporkan pengaruh roda (aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya) bagi kehidupan masyarakat di lingkungan sekitar.
4.1.3   Melaporkan hasil pengamatan tentang pengaruh listrik pada kehidupan rakyat Indonesia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya.



Seni Budaya dan Prakarya
1.1        Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1        Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
3.2        Mengenal harmoni dan simbol teks lagu sederhana.
3.2.1   Memainkan pola birama sesuai dengan partitur.
3.2.2   Menyebutkan simbol teks lagu sederhana.
4.5.      Membuat pola irama sederhana untuk iringan lagu dengan simbol panjang pendek bunyi dan mengembangkan pola iringan.
4.5.1 Membuat pola ritmik yang harmonis denga lagu Mariam Tamang.
4.7        Memainkan ansambel alat musik campuran dengan membaca partitur sederhana.
4.7.1 Mempraktikkan permainan ansambel alat musik campuran
4.8        Menampilkan musik nusantara dengan alat musik sederhana.
4.81 Menyajikan pertunjukkan musik nusantara dengan alat musik sederhana.

C.   Tujuan Pembelajaran
1.   Setelah mengamati gambar, benda-benda/penemuan yang ada di sekitar mereka, serta membaca teks, siswa mampu menyebutkan berbagai contoh penemuan dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh rasa ingin tahu.
2.   Setelah mengamati gambar, benda-benda/penemuan yang ada di sekitar mereka, serta membaca teks, siswa mampu menulis laporan tentang berbagai penemuan dan manfaatnya bagi kehidupan dengan penuh rasa ingin tahu.
3.   Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan secara lisan manfaat energi listrik bagi kehidupan manusia menggunakan kosakata baku dan bahasa dengan runtut.
4.   Setelah melakukan wawancara, siswa mampu menulis laporan yang berisikan penjelasan tentang salah satu penemuan beserta manfaatnya menggunakan kosakata baku dan bahasa dengan runtut.
5.   Setelah menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menyebutkan keragaman penemuan dan manfaatnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia dengan percaya diri dan saling menghargai.
6.   Setelah menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mempresentasikan secara berkelompok keragaman penemuan dan manfaatnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia dengan percaya diri dan penuh tanggung jawab.
7.   Setelah mengamati gambar dan benda konkret, siswa mampu membedakan berbagai poligon berdasarkan sifat-sifatnya dengan teliti dan penuh tanggung jawab.
8.   Setelah mengamati gambar dan benda konkret, siswa mampu menyajikan hasil analisis tentang poligon berdasarkan sifat-sifatnya dengan teliti dan penuh tanggung jawab.
9.   Setelah mengamati gambar dan diskusi, siswa mampu menyebutkan hak, tanggung jawab, dan kewajiban sehubungan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi masyarakat dengan rinci dan penuh tanggung jawab.
10.  Setelah mengamati gambar dan diskusi, siswa mampu mengomunikasikan secara tertulis hak, tanggung jawab, dan kewajiban sehubungan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi masyarakat dengan bahasa yang runtut dengan penuh tanggung jawab.
11.  Dengan bimbingan guru, siswa mampu menjelaskan harmoni dan simbol teks lagu sederhana dengan runtut.
12.  Dengan partitur sederhana, siswa mampu memainkan ansambel alat musik campuran dengan penuh tanggung jawab dan menghargai penampilan kelompok lain.
13.  Dengan alat musik campuran, siswa mampu memainkan ansambel musik nusantara dengan penuh tanggung jawab dan menghargai penampilan kelompok lain.
14.  Dengan mengamati alat dan bahan untuk percobaan, siswa mampu mengidentifikasi berbagai komponen yang diperlukan untuk membuatan model sederhana lampu lalu lintas dengan penuh tanggung jawab.
15.  Setelah melakukan percobaan membuat model sederhana lampu lalu lintas, siswa mampu membuat laporan yang berisikan penjelasan tentang cara kerja dan rangkaian listrik yang diterapkan pada model tersebut dengan penuh tanggung jawab.
16.  Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan percobaan secara lisan dengan bahasa yang runtut.
17.  Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menulis laporan yang berisikan penjelasan tentang hantaran listrik dan cara kerja lampu lalu lintas secara tertulis menggunakan bahasa yang runtut dan kosakata baku.
18.  Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sehubungan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi masyarakat dengan penuh tanggung jawab.
19.  Setelah membaca teks, siswa mampu mengomunikasikan pengalaman dan contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sehubungan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi masyarakat dengan penuh tanggung jawab.
20.  Berdasarkan gambar dan benda konkret, siswa mampu mengidentifikasi jumlah simetri lipat dan simetri putar yang terdapat pada poligon dengan teliti.
21.  Berdasarkan gambar dan benda konkret, siswa mampu mengelompokkan bangun datar berdasarkan jumlah simetri lipat dan simetri putar dengan teliti.
22.  Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang simetri lipat dan simetri putar yang ditemukan pada poligon dengan bahasa yang runtut dan menggunakan kosakata baku.
23.  Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menulis laporan yang berisikan penjelasan tentang simetri lipat dan simetri putar pada poligon menggunakan kosakata baku dan bahasa yang runtut dengan benar.
24.  Berdasarkan hasil kerja kelompok tentang ansambel musik campuran, siswa mampu menjelaskan harmoni dan simbol teks lagu sederhana dengan tepat.
25.  Berdasarkan hasil kerja kelompok tentang ansambel musik campuran, siswa mampu memainkan alat musik campuran dengan membaca partitur sederhana.
26.  Berdasarkan hasil kerja kelompok, siswa mampu menampilkan musik nusantara melalui permainan ansambel dengan percaya diri dan penuh tanggung jawab.
27.  Dengan menggunakan gambar dan benda konkret, siswa mampu mengidentifikasi simetri putar yang dimiliki oleh berbagai poligon.
28.  Dengan melakukan percobaan, siswa mampu menemukan simetri putar pada berbagai poligon dengan benar.
29.  Dengan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan keragaman penemuan dan manfaatnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia dengan benar.
30.  Setelah berdiskusi, siswa mampu mempresentasikan keragaman penemuan dan manfaatnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia dengan percaya diri.
31.  Setelah mengamati gambar dan membaca teks singkat, siswa mampu menjelaskan contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sehubungan dengan pemanfaatan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
32.  Setelah mengamati gambar dan membaca teks singkat, siswa mampu mengomunikasikan contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sehubungan dengan pemanfaatan energi listrik dalam kehidupan seharihari dengan percaya diri.
33.  Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan contoh pemanfaatan energi lsitrik dalam kehidupan sehari-hari dengan menanamkan sikap menghargai.
34.  Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman memanfaatkan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari dengan menanamkan sikap menghargai.


D.  Imtak

85. dan Syu'aib berkata: "Hai kaumku, cukupkanlah takaran dan timbangan dengan adil, dan janganlah kamu merugikan manusia terhadap hak-hak mereka dan janganlah kamu membuat kejahatan di muka bumi dengan membuat kerusakan. (QS. Hud: 85)
  
84. Maka berperanglah kamu pada jalan Allah, tidaklah kamu dibebani melainkan dengan kewajiban kamu sendiri[324]. Kobarkanlah semangat Para mukmin (untuk berperang). Mudah-mudahan Allah menolak serangan orang-orang yang kafir itu. Allah Amat besar kekuatan dan Amat keras siksaan(Nya). (QS. An Nisaa: 84)

130. Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang. (QS. Thaahaa: 130)

17. dan Adapun kaum Tsamud, Maka mereka telah Kami beri petunjuk tetapi mereka lebih menyukai buta (kesesatan) daripada petunjuk, Maka mereka disambar petir azab yang menghinakan disebabkan apa yang telah mereka kerjakan. (QS. Fushshilat: 17)

E.   Alat dan Media Pembelajaran
1. Alat Pembelajaran        : ragam alat elektronik, kertas bekas, kardus bekas, spidol, alat musik sederhana, stopwatch, bendera start, tiang pancang, serbuk kapur, penghapus, karton, laptop, wi-fi, LCD Proyektor, dan laser pointer.
2. Media Pembelajaran    : kertas origami, gambar rambu-rambu lalu lintas, benda berbentuk poligon, Phet Simulation, gambar manfaat listrik dalam kehidupan, Google, Youtube, gambar poligon dalam kehidupan sehari-hari, Buku Siswa, Buku Guru, Buku teks IPA ”Platinum.

F.   Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Pembelajaran   : saintifik dan tematik terpadu
2.   Metode Pembelajaran          : diskusi, discovery, kooperatif, tanya-jawab, baca-simak, demonstrasi, ceramah.

G.  Materi Pembelajaran
1.     PPKn     : hak, kewajiban, dan tanggung jawab
2.   Bahasa Indonesia      : Menyusun teks eksplanasi, kosakata baku, diksi
3.   Matematika               : poligon, mengukur luar permukaan poligon
4.   IPA                            : listrik
5.   IPS                            : pengaruh penemuan dalam berbagai aspek
6.   SBdP                         : memainkan alat musik ansambel sederhana

H.  Aktivitas Pembelajaran
Pembelajaran ke-1 (IPA, Bahasa Indonesia, dan IPS)
Pendahuluan
1.   Guru membuka pembelajaran dengan ucapan salam.
2.   Guru menanyakan kabar semua murid.
3.   Guru mengecek kehadiran murid dan memberi apersepsi.
4.   Guru menunjukkan beberapa benda dan menanyakan kegunaan benda tersebut.
5.   Guru memberi pertanyaan kepada murid tentang dampak benda tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
6.   Guru menjelaskan tujuan pembelejaran yang hendak dicapai.

Kegiatan Inti
1.   Guru menunjuk salah satu murid untuk membacakan teks bacaan tentang sejarah pensil.
2.   Dari bacaan tersebut, guru memberi pertanyaan untuk mengecek pemahaman murid terhadap teks yang dibaca.
3.   Guru membagi murid menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3 orang.
4.   Guru memberi proyek untuk mengamati gambar-gambar yang ada di buku siswa. Dari hasil pengamatan tersebut, masing-masing kelompok diminta untuk menuliskan fungsi dan dampak benda tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
5.   Setelah selesai, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
6.   Masih dalam kelompok tersebut, guru memberi proyek baru. Murid diminta untuk melakukan wawancara kepada warga sekolah secara berkelompok tentang manfaat listrik yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari.
7.   Dari hasil wawancara tersebut, masing-masing murid menyusun laporan eksplanasi.
8.   Secara acak, guru memanggil beberapa murid untuk mempresentasikan hasil laporan eksplanasi.
9.   Guru mengajak murid untuk pergi ke laboratorium multimedia untuk melakukan studi pustaka menggali informasi tentang pengaruh penemuan terhadap perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.

Penutup
1.   Guru dan murid bertanya jawab terkait pembelejaran yang sudah dilaksanakan.
2.   Guru melakukan brainstorming untuk mengetahui hal-hal apa saja yang sudah dipelajari hari ini.
3.   Guru mengajak semua murid untuk bersyukur atas karunai Allah SWT yang telah diperoleh saat ini.
4.   Guru mengingatkan murid untuk melaksanakan salat fardlu.
5.   Guru mengucapkan salam sebagai tanda pembelajaran telah selesai.

Pembelajaran ke-2 (matematika, PPKn, dan SBdP)
Pendahuluan
1.   Guru membuka pembelajaran dengan ucapan salam.
2.   Guru menanyakan kabar semua murid.
3.   Guru mengecek kehadiran murid dan memberi apersepsi.
4.   Guru mengajak murid untuk senam otak.
5.   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

Kegiatan Inti
1.   Guru meminta murid untuk membaca teks tentan origami.
2.   Guru meminta murid untuk mengamati gambar tentang origami.
3.   Guru meminta murid untuk menemukan bangun apa saja yang ada dalam susunan origami pada gambar dan berapa jumlah yang ada.
4.   Guru meminta murid untuk mengeluarkan kertas origaminya.
5.   Murid mengikuti intruksi guru untuk membuat prakarya.
6.   Setelah selesai membuat origami bentuk pinguin, murid diminta untuk menjawab soal yang ada di buku siswa.
7.   Berdasarkan pengamatan, murid diminta menggambar bangun yang menyusun origami bentuk pinguin pada bidang kertas yang bertitik di buku siswa.
8.   Guru membagi murid menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari lima orang.
9.   Guru menyediakan beberapa kelompok gambar sebagai bahan pengamatan.
10. Murid diminta untuk berdiskusi mencari sifat-sifat poligon.
11. Ketika berdiskusi, masing-masing kelompok juga diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa.
12. Masing-masing kelompok diminta untuk membuat kesimpulan dan mempresentasikan di depan kelas.
13. Saat ada kelompok yang mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok yang lain juga menyiapkan pertanyaan yang ditujukan untuk pemateri (yang presentasi)
14. Setelah selesai, murid diminta untuk membaca dialog yang terdapat dalam buku siswa.
15. Murid diminta untuk memperhatikan gambar rambu-rambu lalu lintas yang ada di buku siswa dan slide yang ditampilkan oleh guru.
16. Guru dan murid bertanya jawab tentang arti simbol lalu lintas.
17. Secara berpasangan, murid mendiskusikan pertanyaan yang ada di buku siswa.
18. Murid diminta untuk menuliskan jawaban dalam bentuk mind mapping.
19. Murid mempelajari solmisasi lagu ” Suwe Ora Jamu” dengan menggunakan alat musik melodis, pianika.

Penutup
1.   Guru dan murid bertanya jawab terkait pembelejaran yang sudah dilaksanakan.
2.   Guru melakukan brainstorming untuk mengetahui hal-hal apa saja yang sudah dipelajari hari ini.
3.   Guru mengajak semua murid untuk bersyukur atas karunai Allah SWT yang telah diperoleh saat ini.
4.   Guru mengingatkan murid untuk melaksanakan salat fardlu.
5.   Guru mengucapkan salam sebagai tanda pembelajaran telah selesai.

Pembelajaran ke-3 (Bahasa Indonesia, IPA, dan matematika )
Pendahuluan
1.   Guru membuka pembelajaran dengan ucapan salam.
2.   Guru menanyakan kabar semua murid.
3.   Guru mengecek kehadiran murid dan memberi apersepsi.
4.   Guru mempertontonkan cara merakit rangkaian listrik sederhana.
5.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti
1.   Guru membagi murid menjadi beberapa kelompok besar.
2.   Guru meminta murid mengamati gambar dan intruksi di buku siswa terkait alat dan bahan membuat rangkaian lampu lalu lintas sederhana.
3.   Murid mencoba membuat percobaan merangkai lampu lalu lintas.
4.   Murid membuat laporan teks eksplanasi tentang cara merangkai lampu lalu lintas.
5.   Secara berkelompok, masing-masing berdiskusi tentang hal-hal yang sudah diketahui tentang rangkaian listrik
6.   Guru membagikan lembar kerja siswa tentang poligon.
7.   Secara individu, murid mengerjakan lembar kerja siswa tersebut.

Penutup
1.   Guru dan murid bertanya jawab terkait pembelejaran yang sudah dilaksanakan.
2.   Guru melakukan brainstorming untuk mengetahui hal-hal apa saja yang sudah dipelajari hari ini.
3.   Guru mengajak semua murid untuk bersyukur atas karunai Allah SWT yang telah diperoleh saat ini.
4.   Guru mengingatkan murid untuk melaksanakan salat fardlu.
5.   Guru mengucapkan salam sebagai tanda pembelajaran telah selesai.

Pembelajaran ke-4 (Bahasa Indonesia, PPKn, dan matematika)
Pendahuluan
1.   Guru membuka pembelajaran dengan ucapan salam.
2.   Guru menanyakan kabar semua murid.
3.   Guru mengecek kehadiran murid dan memberi apersepsi.
4.   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang dikaitkan dengan imtak yang hendak dicapai.

Kegiatan Inti
1.   Murid mengamati gambar dan membaca nyaring secara bergiliran.
2.   Murid diminta untuk membuat pertanyaan tentang hal-hal yang ingin diketahui dari teks bacaan.
3.   Murid diminta untu mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang dibuat.
4.   Guru mempertontonkan video tentang akibat melanggar lalu lintas.
5.   Dari tanyangan video, murid diminta untuk memberi tanggapan.
6.   Murid menuliskan pendapat dan pengalaman mereka tentang pelaksanaan kewajiban pada bagan yang ada di buku siswa.
7.   Guru menjelaskan berbagai simbol dan arti rambu lalu lintas.
8.   Guru memberikan lembar kerja siswa terkati simbol lalu lintas.
9.   Guru menjelaskan tentang simetri lipat pada bangun datar.
10.        Guru memberi latihan soal.


Penutup
1.   Guru dan murid bertanya jawab terkait pembelejaran yang sudah dilaksanakan.
2.   Guru melakukan brainstorming untuk mengetahui hal-hal apa saja yang sudah dipelajari hari ini.
3.   Guru mengajak semua murid untuk bersyukur atas karunai Allah SWT yang telah diperoleh saat ini.
4.   Guru mengingatkan murid untuk melaksanakan salat fardlu.
5.   Guru mengucapkan salam sebagai tanda pembelajaran telah selesai.

Pembelajaran ke-5 (IPS, SBdP, dan matematika)
Pendahuluan
1.   Guru membuka pembelajaran dengan ucapan salam.
2.   Guru menanyakan kabar semua murid.
3.   Guru mengecek kehadiran murid dan memberi apersepsi.
4.   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan mengaitkannya dengan imtak yang hendak dicapai.

Kegiatan Inti
1.   Guru memerintahkan murid untuk mempelajari pola irama lagu ” Suwe Ora Jamu”
2.   Guru menyampaikan pada murid bahwa pada pertemuan berikutnya akan diadakan pengambilan nilai.
3.   Siswa bekerja dalam kelompok.
4.   Guru membagikan potongan origami atau kertas daur ulang dalam berbagai bentuk poligon (segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, segitiga siku-siku, persegi, persegi panjang, jajar genjang, trapesium, dll).
5.   Guru menyampaikan langkah-langkah melakukan eksplorasi menggunakan poligon yang telah disiapkan guru. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
a.    Setiap siswa diminta memilih salah satu poligon.
b.   Siswa menjiplak sisi luar dari poligon tersebut pada kertas HVS.
c.    Siswa diminta memutar poligon tersebut persis di atas jiplakan sebesar secara bertahap 90°, 180°, 270°, dan 360°.
d.   Siswa mendiskusikan apa yang mereka temukan dalam kelompok.
6.   Murid membuat yang dijiplak
7.   Murid membuat pertanyaan berdasarkan gambar tersebut.
8.   Murid mengidentifikasi gambar yagn memunyai simetri putar dan tidak memunyai simetri putar.
9.   Murid menyimpulkan pengertian tentang simetri putar.
10.        Guru memberikan latihan soal simetri putar.

Penutup
1.   Guru dan murid bertanya jawab terkait pembelejaran yang sudah dilaksanakan.
2.   Guru melakukan brainstorming untuk mengetahui hal-hal apa saja yang sudah dipelajari hari ini.
3.   Guru mengajak semua murid untuk bersyukur atas karunai Allah SWT yang telah diperoleh saat ini.
4.   Guru mengingatkan murid untuk melaksanakan salat fardlu.
5.   Guru mengucapkan salam sebagai tanda pembelajaran telah selesai.

I.     Penilaian
1.   Teknik penilaian       : tes dan non tes
2.   Bentuk penilaian      : uraian, lembar kerja, portofolio
3.   Instrumen penilaian  :











Comments

Popular posts from this blog

Cangkriman

Latihan Soal Kanggo Persiapan Penilaian Akhir Semester! Wangsulana pitakon ing ngisor iki! Putri melik-melik sendhen kayu legi. tegese ... Sawah rong kedhok galengane mung sithok. tegese ... Dikethok malah dhuwur. tegese ... Lawa lima kalong telu ana pira? ... Dicokot pucuke, sing kelong bongkote. tegese ... Dipijet wudele, mripate mendelik. tegese ... Wong wis gedhe kok ngguyu tuwa. tegese ... Kayu mati digubet ula mati. tegese ... Buta buri. tegese ... Burnas kopen. tegese ... Aranana apa wae jinis-jinise cangkriman ing ngisor iki! Apa sing dilebokno kok malah metu? Dicokot pucuke, sing kelong bongkote. Dipijet wudele, mripate mendelik.  Wong wis gedhe kok ngguyu tuwa.  Gerbong tulis Putri melik-melik sendhen kayu legi. Dideleng gampang, dicekel angel, apa iku? Tulisan Arab, macane saka ngendi? Pesok mbulan. Bapak pucung rupane saenggoa gunung, soklat semu abang, saben uwong mesthi sengit, yen kanggonan dielus-elus tinangisan.

Yuk, Mengenal Puisi dan Prosa Lebih Dalam!

A. MEMAHAMI PUISI Apa itu puisi? Puisi adalah sebuah karya sastra berwujud tulisan yang didalamnya terkandung irama, rima, ritma dan lirik dalam setiap baitnya.  Puisi juga dapat diartikan sebagai karya sastra yang didalamnya terdapat kata-kata yang bermakna dan tersusun secara runtun sehingga menimbulkan penafsiran yang beragam berdasar sudut pandang dan latar belakang pembacanya. Pada umumnya puisi ditulis untuk mengungkapkan perasaan penulis melalui kata-kata. kata-kata yang membentuk kalimat bermakna ini mempunyai arti secara tersurat maupun tersirat. Dalam memaknai puisi pembaca harus membaca secara utuh agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam mendapatkan maksud penulis. Tahukah kamu? Tahukah kamu bahwa puisi memiliki unsur yang harus dipenuhi agar puisi yang disajikan semakin menarik? Unsur-unsur puisi antara lain: Tema, pokok pikiran yang melekat dalam tulisan karena berkaitan dengan isi puisi. Tanpa tema penulis akan kesulitan fokus pada pembahasan isi p...

PMB SD ISLAM AL AZHAR 11 SURABAYA

Tahun pelajaran 2019/2020 sudah semakin dekat. Ayo, bergabung bersama kami untuk mewujudkan generasi yang berakhlakul karimah dan berprestasi. Menuju Indonesia Emas 2045.